Tentang DyE' Speed Project

Selamat datang di DyE' Speed Project. temukan artikel-artikel tentang motor anda disini !!! so..let's join now!

Dapatkan informasi terbaru lewat emailmu!!!

Sign up to receive latest news

30 Agustus 2009

System WrAin




Water Injection
Ide esensial dari system ini sudah dikembangkan sejak awal dekade abad 20 lalu,
yaitu pada tahun 1910, sampai ahir perang dunia ke II banyak mesin pesawat terbang pada
saat itu yang menggunakan system ini.
Bagaimana dan kenapa air dapat menambah Horse power (hp) ??? sebenarnya air
tidak secara langsung menambah Horse Power mesin anda, lalu bagaimana ??? Air memiliki
tingkat ketahanan terhadap panas dibanding dengan bahan bakar premium atau pertamax
sekalipun, dimana air memiliki Latent High Of Vaporization yang sangat tinggi yaitu
dibutuhkan sekitar 540 kalori per gram untuk dapat merubah air menjadi uap dibandingkan
dengan bahan bakar biasa yang hanya cukup dengan 135 kalori untuk menguapkan BBM, ini
menjelaskan kenapa air adalah yang terbaik untuk menurunkan temperature pada intake
dibanding dengan memberikan lebih banyak BBM, dengan ini kita dapat mensetting timing
pengapian mesin menjadi lebih maju ( Advance) untuk mendapat HP yang lebih besar dan
membuat lebih LEAN rasio perbandingan antara udara dengan BBM dimana hal ini dapat lebih
mengirit bahan bakar dan meningkatkan power tanpa resiko mesin menjadi terlalu
panas(Over Heat).
Water Injection (Wa-i) bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang
tinggi, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut
air, hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar angka oktan
113.
Temperatur udara di dalam intake dan ruang bakar ( Commbustion Chamber) yang
tinggi dapat menyebabkan miskinnya kandungan udara(Oksigen) yang terdapat didalamnya
sehingga dapat menyebabkan campuran yang miskin, detonasi/Engine Knock atau pinging
akan terjadi karena campuran udara dan BBM terbakar secara premature atau terbakar tidak
tepat dan sempurna.
Namun kelemahan sistem ini adalah Water Injection hanya bekerja sempurna pada
putaran mesin RPM tinggi atau pada saat karburator sudah terbuka penuh, apabila di putaran
bawah atau putaran mesin rendah maka dapat di rasakan ada gejala berebet atau tersendat
dan mesin terasa tertahan.


Air Injection
Apakah Air Injection ? Air Injection memiliki prinsip yang sama dengan system water
Injection, hanya pada Air Injection yang di masukan ke dalam ruang bakar adalah Udara,
Teorinya adalah mengkoreksi Air Fuel Ratio (AFR) atau rasio perbandingan antara udara dan
bahan bakar di putaran bawah pada saat kondisi karburator belum terbuka penuh agar tetap
sempurna pada perbandingan 13,5:1 dengan begitu maka campuran udara dan bahan bakar
menjadi tetap sempurna sehingga proses pembakaran akan semakin baik serta menambah
tenaga mesin dan bahan bakar makin irit karena settingan bahan bakar bisa kita buat lebih
LEAN, namun kelemahan system ini adalah Air Injection cenderung hanya efektif di putaran
mesin rendah atau pada saat karburator belum terbuka penuh, serta karena campuran udara
cenderung dalam kondisi lebih banyak dibanding bahan bakar maka resiko gejala mesin
terlalu panas ( Over Heat) dapat terjadi.


WrAin Product Knowledge


WrAin S1-NV (Stage – 1 Non Pumped Version)
Lalu apa WrAin ??? Ini adalah sebuah system baru dengan memanfaatkan kedua
metode diatas, diharapkan didapat hasil yang lebih maksimal, metode ini menggabungan dua
metode sebelumnya yang merupakan penyempurnaan dari masing – masing metode
sehingga dapat meminimalkan kekurangan masing – masing metode tersebut. Secara teori
gabungan antara campuran air dan udara akan menghasilkan pengabutan yang lebih padat
dan akan semakin menyempurnakan pembakaran di Combustion Chamber (Ruang bakar).
Mengapa WrAin ? apa yang terjadi pada penggunaan Water Injection adalah
terjadinya pemampatan ruang bakar yang lebih padat dari pada normalnya sehingga ruang
bakar padat oleh uap air dan bahan bakar namun ini menyebabkan miskinnya kandungan
udara di ruang bakar akibat jatah udara yang seharusnya diisi oleh udara yang disuply oleh
karburator telah terisi oleh uap air, maka air injection disini bertugas untuk menyuplai udara
yang lebih ke ruang bakar sehingga didapatkan rasio yang tetap tepat pada ruang bakar.
Keuntungan WrAin System
• Mendinginkan dan menurunkan suhu mesin anda secara nyata dan langsung
• Torsi mesin bertambah
• Meningkatkan tenaga mesin antara 15 – 35% terutama jika di ikuti
dengan memajukan pengapian (Advanced Timing).
• Pembakaran di Ruang Bakar lebih sempurna sehingga dapat menghemat
bahan bakar antara 5%-20% (dilaporkan ada yang mencapai hingga 30%).
• Memperpanjang nafas mesin anda.
• Membersihkan ruang bakar karena kerak sisa pembakaran dapat tersapu
keluar bersama dengan uap air (terbilas).
• Mesin lebih Responsif
• Memperhalus kinerja mesin dan memperpanjang umur mesin.
• Ramah lingkungan karena hasil pembakaran yang sempurna
sehingga tidak meninggalkan sisa hasil pembakaran yg terbuang ke
Exhaust (Knalpot).
• AMAN selama pemasangannya TEPAT
• Pemasangan dan setting mudah
• Dapat dipasang di hampir semua Merk, Type dan jenis motor.
• Motor yang sudah diaplikasikan

* Yamaha Scorpio
* Yamaha Jupiter MX
* Yamaha Nuvo Z
* Yamaha Mio
* Yamaha RX King
* Honda NSR
* Honda CBR 150
* Honda Tiger 2000/Revo
* Honda Vario
* Suzuki Thunder 125/250
* Suzuki Spin
* Suzuki Skywave
* Bajaj Pulsar 180 Dts-i
* Yamaha Vega
* Suzuki Satria FU 150
* Suzuki Smash
* Suzuki Shogun
* Honda Supra Fit
* Suzuki Raider
* Kawasaki Ninja R
* Kawasaki Ninja RR
* Yamaha F1ZR
* Yamaha Vixion



Mobil

* Hyundai Elantra
* Suzuki Carry
* Toyota Kijang Innova
* Honda Jazz I - DSI
* Mitsubishi Galant V6

-
Kerugian dan Kelemahan WrAin System
• Harus kerja extra untuk mengisi tabung air/methanol.
• Pemasangan harus benar-2 rapih dan kuat sehingga tidak terjadi
kebocoran.
WrAin Product Knowledge
Sheldiez 2006 Allrights reserved
• Apabila anda menggunakan air destilasi dengan kualitas buruk
Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.
• Bisa membatalkan kontrak service bagi motor baru yang masih
dalam garansi service (Kecuali anda melepas WrAin pada saat
service rutin).
• Semakin kecil penggunaan ukuran jarum maka air akan semakin
boros namun hasilnya akan lebih bagus.
• PEMASANGAN YANG TIDAK TEPAT DAPAT MERUSAK MESIN ANDA.



Air InjectorSelang dan jarumFilter dan Keran manualCD Instalasi dan Panduan Setting

* Air Injector
* Selang
* Jarum
* Cable Ties
* Keran Manua/Keran vaccum
* T Connector
* Hook Connector
* Filter
* Stiker
* CD Installation
* Botol

Written by sheldiez
sheldiez.panglimaorganizer.com
»»  read more

25 Agustus 2009

| 0 komentar |

Knalpot Lokal




Knalpot lokal alias buatan dalam negeri dari dulu selalu menjadi pilihan alternatif para bikers yang gemar memodifikasi motornya baik bergaya elegant, extreme, ataupun street racing. Pamor knalpot lokal tak kalah dibanding dengan knalpot-knalpot buatan luar negeri yang harganya mencapai jutaan.

Kualitas knalpot lokal pun sekarang sudah hampir menyamai kualitas knalpot buatan luar negeri. Industri-industri knalpot lokal ini tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Sebut saja knalpot CLD yang ternyata pabriknya berada di daerah Ciledug, adapun yang lebih terkenal seperti knalpot CMS dari Champion Motor Sport yang markasnya berada di Jakarta dan juga bagi para pengguna motor 2 tak di Jakarta knalpot buatan Anen sudah menjadi banyak pilihan para bikers itu. Di tatar Parahyangan pun ada knalpot-knalpot buatan lokal yang memiliki kualitas bagus seperti contohnya bengkel knalpot KP16 yang berada di Jalan Moch Toha Bandung, SND (Sony Djaya) Racing concept yg pabriknya ada di daerah Gunung Batu Cimahi. Dan siapa juga yang tak kenal knalpot AHRS (Asep Hendro Racing Sport) yg berasal dari Kota Garut, dll.

Ada beberapa pilihan knalpot lokal yang memiliki kualitas cukup baik, seperti:
1. AHRS
2. HRP
3. CMS
4. Anen
5. KP16
6. SND, dll.

Knalpot-knalpot diatas berani bersaing dengan knalpot buatan luar negeri seperti Yoshimura, DBS, YY PANG, AHM, R9, dll. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga karena saat ini anak-anak muda Indonesia sudah bisa menyamai produk buatan luar negeri. So, cintai produk dalam negeri....
»»  read more

Dial A Jet



Dial A Jet adalah teknologi yang berkembang di roda dua pada saat ini. Dial A Jet merupakan alat penambah bensin otomatis karena DJ tidak bisa mengurangi bensin lebih sedikit dari Mainjet karburator. Teknologi DJ ini bisa digunakan pada motor 2 tak maupun 4 tak.

Cara pemasangan DJ yaitu dengan mengecilkan mainjet karburator sebanyak 2 ukuran atau lebih tergantung permintaan mesin. Dengan demikian DJ secara variable akan menambah bensin sesuai kebutuhan mesin . DJ menyedot bensin dari mangkok bensin mengemulsikan dengan udara yang masuk dari salah satu sirkuit lubang DJ dan baru disemburkan dalam bentuk kabut halus yang siap bakar, karena bobotnya ringan lebih dari bensin biasa maka otomatis mesin akan lebih responsif dan spontan.

DJ ini akan berfungsi dengan memperhatikan beberapa faktor, antara lain:
- Kevakuman mesin
- Suara Mesin
- Beban Mesin
- Penggunaan motor

Saat ini DJ banyak diaplikasikan di motor-motor sport 2 tak seperti contohnya Ninja 150 RR. Motor ninja standar saja jika menggunakan DJ ini rasanya akan sama seperti motor yang sudah semi korek harian. Banyak manfatnya jika DJ ini diaplikasikan di motor anda, antara lain:
- Akselerasi meningkat
- Mesin Responsif
- Horsepower bertambah
- Jetting cepat dengan 5 setelan otomatis, tambah boros atau irit tinggal putar
- Memudahkan mendapat jetting yang pas, untuk mesin standar atau bore up atau korekan sekalipun
- BBM IRIT 10-20% apalagi jika dengan penggantian koil
- Karbu selalu bersih dari kontaminan karena DJ selalu menyedot dari mangkok dan menyemburkan keruang bakar dan dibakar .
- Busi Awet dan warnanya ideal
- Performa Mesin selalu TOP disuhu dingin atau panas

MAsih banyak keunggulan DJ ini. Walaupun harganya cukup mahal berkisar kira-kira 1,3jt rupiah tapi sebanding dengan kepuasan dan hasil yg kita dapat. Jika ingin mengaplikasikan DJ sebaiknya di bengkel-bengkel yang sudah sering memsang DJ agar tidak terjadi kesalahan, karena bisa-bisa jika salah pemasangan tenaga malah tidak akan bertambah dan bahkan mesin pun bisa ambrol.
»»  read more

21 Agustus 2009

Helm SNI ato DOT?




Dari kedua hel diatas anda memilih yang mana? Helm pertama adalah helm half face berstandar SNI sedangkan helm kedua adalah helm full face berstandar DOT. Kedua helm tersebut adalah helm dengan kualitas yang berbeda, helm pertama berstandarkan atas kualitas Indonesia sedangkan yang kedua berstandarkan atas kualitas Internasional. Seiring dengan majunya perkembangan zaman dan mulai berkurangnya standar keamanan bersepeda motor, maka pemerintah Indonesia beberapa bulan kemarin mengeluarkan syarat bahwa helm yang beredar di Indonesia harus berstandarkan SNI untuk mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan sepeda motor. Alasan lain adanya SNI agar helm yang ada di Indonesia mampu memenuhi persyaratan unjuk kerja yang dipersyaratkan secara internasional. SNI ini merupakan revisi SNI No. 09-1811-1990, dengan mengadopsi dari standar internasional Rev. 1/add. 21/Rev.4 dari E/ECE/324 dan E/ECE/TRANS/ 505 Regulation No.22, uniform provision concerning the approval of protective helmets and visors for drivers and passangers of motor cycles and mopeds, BS 6658:1985, Protective Helmet for Motorcyclists, dan JIS T 8133:2000, Protective Helmet for Drivers and Passangers of Motor Cycle and Mopeds.

Ada beberapa syarat agar sebuah helm dapat lulus kualitas dan bisa dikategorikan telah berstandar SNI. Syarat helm tersebut telah dikatakan berstandar SNI jika:

a. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya

b. Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu

c. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

d. Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu,

e. Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang melalui lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata

f. Keliling lingkaran bagian dalam helm adalah sebagai berikut:

Ukuran Keliling Lingkaran Bagian dalam (mm)

S Antara 500 – kurang dari 540

M Antara 540 – kurang dari 580

L Antara 580 – kurang dari 620

XL Lebih dari 620

g. Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan pelindung muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat

h. Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.

i. Tali pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk,

j. Tempurung tidak boleh ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 milimeter dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak boleh ada bagian tepi yang tajam,

k. Lebar sudut pandang sekeliling sekurang-kurangnya 105 derajat pada tiap sisi dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 30 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama.

l. Helm harus dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bisa dipindahkan, tameng atau tutup dagu.

m. Memiliki daerah pelindung helm

n. Helm tidak boleh mempengaruhi fungsi aura dari pengguna terhadap suatu bahaya. Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan temperatur pada ruang antara kepala dan tempurung.

o. Setiap penonjolan ujung dari paku/keling harus berupa lengkungan dan tidak boleh menonjol lebih dari 2 mm dari permukaan luar tempurung.

p. Helm harus dapat dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan di bawah dagu atau melewati tali pemegang di bawah dagu yang dihubungkan dengan tempurung.

Dan ada pula serangkaian pengujian lain agar helm itu bisa lulus uji SNI, antara lain pelindung dagu harus bisa melindungi dengan aman dan yang ekstrem helm itu dijatuhkan dari ketinggian sesuai untuk dilihat daya benturnya.
»»  read more

Cara Merawat Motor Inreyen

Buat semua orang yang masih awam dalam hal roda dua, mungkin di artikel pendek ini anda dapat memahami tentang cara merawat motor anda yang masih inreyen atau sebelum service pertama. Banyak yg belum begitu tahu atau masih awam dalam menggunakan motor saat motor masih dalam keadaan inreyen. Padahal kalau salah-salah menggunakan bisa-bisa umur mesin motor tidak akan bertahan lama. Biasanya ada saja orang yang menggeber mesin motornya pada saat masih inreyen padahal bisa-bisa performa motornya nanti bisa turun. Berikut akan saya jelaskan beberapa tips merawat motor yang masih dalam keadaan inreyen, antara lain:
1. Gunakan motor dengan wajar, jadi jangan memaksakan motor mencapai RPM tinggi pada gigi rendah
2. Panaskan motor dengan menggunakan stater kaki, atau selahan. Sebelum kunci kontak pada posisi on selah dulu motor kurang lebih 5 kali baru on-kan stop kontak dan selah lagi untuk menyalakannya
3.Jangan dulu menggunakan oli-oli sintetis karena oli sintetis terlalu licin sehingga bearing dan silinder menjadi terlalu licin, lebih baik menggunakan oli bawaan pabrik dulu karena sudah disesuaikan dengan kondisi mesin motor
4. Jangan memindahkan persneling dengan kasar ataupun ditahan dulu sambil menarik gas karena nantinya persneling akan menjadi keras selain itu bahan bakar menjadi terbuang percuma

Semoga tips-tips diatas dapat berguna untuk ssemua yang membaca artikel ini. Thanks..
»»  read more

20 Agustus 2009

Korek Harian New Satria FU 150


Buat para FU mania jangan pusing-pusing jika anda ingin mendongkrak performa motor anda. Saat ini telah banyak part racing dijual di toko-toko dengan harga murah. Motor yang memiliki isi silinder 147,3cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 16PS @9.500RPM. Karburator bawaan untuk fu ini yaitu mikuni BS 26-187. Karbu yang lumayan besar untuk menghasilkan tenaga yang maksimal. Bagi para fu mania dengan kantong pas-pasan, saat ini dengan modal hanya 2jt maka motor anda sudah bisa bertambah tenaganya cukup signifikan bahkan mungkin bisa memuaskan apabila settingannya pas. Part racing yang biasa digunakan untuk korek harian fu antara lain mengganti CDI dari CDI standar yang limiter menjadi unlimit, tak lupa juga mengganti koil dan busi iridium, mengganti karburator serta menyetel main jet dan pilot jetnya. Ada beberapa saran part yang bisa anda gunakan untuk korek harian satria fu 150 antara lain:
1. CDI BRT Hyperband
2. Koil Blue Thunder
3. Busi denso iridium IU27
4. Karburator keihin PE28 Pilot Jet 17,5 Main Jet standar
5. Knalpot R9 tipe New Mugello




»»  read more

Karburator Keihin PE 28


Karburator keihin PE 28 adalah salah satu karburator yang banyak digunakan untuk spek korek harian. Karbu yang memiliki diameter lubang venturi cukup besar ini dapat mendongkrang performa motor cukup besar meskipun bensin kita akan menjadi lebih boros tapi sebanding dengan tenaga yang dihasilkan. Karburator ini dipakai oleh motor NSR SP yang memiliki tenaga sebesar 39dK. Karbu berskep bulat berlapis chromium ini dibandrol dengan harga IDR 650.000 tidak beserta dengan filter udara. Cukup murah untuk karburator dengan performa tinggi seperti ini. Karburator ini kebanyakan dipakai untuk korek harian, balap drag, maupun road race. Bagi yang berminat untuk membeli harus hati-hati karena saat ini banyak karburator keihin PE 28 palsu.
»»  read more

Super KIPS pada ninja 150R&RR


Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) adalah suatu sistem mekanisme katup pengendali gas buang pada exhaust port. Pada putaran mesin tinggi atau biasanya setelah RPM 7000 katup akan terbuka untuk menghasilkan respon dan tenaga yang maksimal, sedangkan pada RPM rendah maka katup akan menutup kembali dan menghalangi terbuangnya campuran sisa pembakaran (termasuk Hydro Carbon yang pada mesin 2 tak akan terbuang) sehingga kadar HC dalam gas buang jauh lebih rendah.
Pada blok mesin tipe 1855 banyak yang mengalami super KIPS macet, berbeda dengan seri pendahulunya pada blok mesin tipe 1878 yang jarang sekali mengalami kemacetan. Biasanya kemacetan ini disebabkan oleh menumpuknya kerak pada blok super KIPS. Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah superKIPS macet, antara lain:
1. Gunakan bensin yang beroktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus
2. Gunakan oli samping bawaan pabrik atau jika akan menggunakan oli merk lain perhatikan tingkat kekentalannnya
3. Minimal 1 minggu 2 kali super KIPS harus sering diaktifkan dengan cara membawa motor ke jalan yang kosong dan tarik gas hingga RPM tinggi, ulangi hingga beberapa kali.
4. Jangan membiarkan terlalu lama motor didiamkan atau tidak digunakan karena akan banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada blok super KIPS

»»  read more

Bagaimana layout blog ini menurut anda?