Tentang DyE' Speed Project

Selamat datang di DyE' Speed Project. temukan artikel-artikel tentang motor anda disini !!! so..let's join now!

Dapatkan informasi terbaru lewat emailmu!!!

Sign up to receive latest news

20 Agustus 2009

Super KIPS pada ninja 150R&RR


Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) adalah suatu sistem mekanisme katup pengendali gas buang pada exhaust port. Pada putaran mesin tinggi atau biasanya setelah RPM 7000 katup akan terbuka untuk menghasilkan respon dan tenaga yang maksimal, sedangkan pada RPM rendah maka katup akan menutup kembali dan menghalangi terbuangnya campuran sisa pembakaran (termasuk Hydro Carbon yang pada mesin 2 tak akan terbuang) sehingga kadar HC dalam gas buang jauh lebih rendah.
Pada blok mesin tipe 1855 banyak yang mengalami super KIPS macet, berbeda dengan seri pendahulunya pada blok mesin tipe 1878 yang jarang sekali mengalami kemacetan. Biasanya kemacetan ini disebabkan oleh menumpuknya kerak pada blok super KIPS. Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah superKIPS macet, antara lain:
1. Gunakan bensin yang beroktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus
2. Gunakan oli samping bawaan pabrik atau jika akan menggunakan oli merk lain perhatikan tingkat kekentalannnya
3. Minimal 1 minggu 2 kali super KIPS harus sering diaktifkan dengan cara membawa motor ke jalan yang kosong dan tarik gas hingga RPM tinggi, ulangi hingga beberapa kali.
4. Jangan membiarkan terlalu lama motor didiamkan atau tidak digunakan karena akan banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada blok super KIPS

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda setelah melihat blog ini. Silahkan tulis komentar anda pada kolom yang disediakan.

Bagaimana layout blog ini menurut anda?